ALAT UKUR HIDROMETER




       1. Hidrometer.

Hidrometer sering disebut juga Aerometer. Hidrometer merupakan alat ukur berat jenis atau kepadatan relatif dari cairan seperti rasio densitas dan cairan kepadatan air yang terbuat dari tabung kaca. Hidrometer atau Aerometer ini mempunyai skala yang dapat langsung menunjukkan berat jenis zat cair yang disebut densimeter. Hidrometer biasanya terbuat dari silinder kaca panjang dengan bohlam berbobot di salah satu ujungnya yang memungkinkannya mengapung tegak lurus dalam cairan yang diukur. Hidrometer tradisional memiliki skala yang dicetak pada sisi yang menunjukkan gravitasi spesifik sebagai nilai pada permukaan cairan. Teknologi yang lebih baru telah menghasilkan hidrometer digital yang tidak memerlukan pembacaan manual melainkan menampilkan gravitasi dan kepadatan spesifik secara elektronik. Hidrometer memiliki satuan untuk menghitung pengukurannya, yaitu menggunakan satuan g/cm3.

     2.  Manfaat Hidrometer
Hidrometer sangat bermanfaat untuk kita apabila kita ingin mengukur suatu berat jenis atau kepadatan relative cairan seperti rasio densitas cairan kepadatan air.

    3.  Cara Penggunaan

1.      Buka terlebih dahulu tutup sel baterai yang akan diukur kepadatan relatif dari cairan yang ada di baterai 
2.      Masukkan pipa penghisap (pickup tube) ke dalam masing-masing sel baterai.
3.      Kemudian tekan pipet untuk menghisap cairan elektrolit ke dalam gelas kaca 
4.      Periksa elektrolit yang masuk ke dalam tabung kaca Hidrometer dan lakukan pembacaan skala yang berada pada pelampung pengukur Hidrometer.

Skala yang terdapat pada pelampung di dalam gelas kaca Hidrometer :
-          Warna merah dengan skala antara 1.100 – 1.220
-          Warna putih dengan skala antara 1.220 – 1.250
-          Warna hijau dengan skala antara 1.250 – 1.300

5.      Saat melakukan pembacaan pada alat ukur ini, diusahakan untuk tidak parallax atau mata harus secara sejajar dengan skala yang ada di Hidrometer.

6.   Contoh : jika nilai standar berat jenis elektrolit adalah antara 1.250 – 1.280 pada temperatur 200 C. Bila berat jenis menunjukkan skala 1.220 (pada warna merah) artinya baterai kekurangan arus dan harus dilakukan pengisian. Maka harus dilakukan pengukuran berat jenis pada semua sel yang ada pada baterai.

       4.  Cara Menyimpan dan Merawat

a)      Alat ini disimpan diwadah dengan suhu ruangan (20 derajat celcius) dengan tujuan agar tidak terjadi perubahan akibat kenaikan suhu.
b)      Usahakan kondisi ruangan yang digunakan untuk menyimpan tidak dalam kondisi lembab agar alat tidak terkena korosi.
c)      Hindari alat dari benturan atau guncangan karena bisa saja benturan keras dapat membuat alat ini pecah.
d)     Masukkan kembali alat ke dalam wadahnya usai dipakai.

e)      Gunakan alat sesuai dengan fungsinya dan wajib sesuai dengan aturan penggunaannya.

Video cara menghitung nilai pada alat ukur Hidrometer dibawah ini :




Posting Komentar

2 Komentar

  1. Apakah berat jenis yang diukur hanya untuk cairan seperti air murni? Apa bisa untuk jenis cairan yang lain?

    BalasHapus
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)